Buat para pemotor yang melewati kawasan demonstrasi atau terkena paparan water canon dan gas air mata, ternyata punya efek ke motornya juga. Biasanya, kehadiran kendaraan water canon disertai tembakan gas air mata oleh polisi ini digunakan untuk membubarkan massa.

Bagi para pemotor yang kebetulan melewati kawasan tersebut dan terkena paparannya, harap langsung melakukan pencucian. Pasalnya, air yang dikeluarkan oleh water cannon disertai gas air mata cukup bahaya untuk motor maupun mobil.

“Bahaya karena bersifat asam dan air menerjang kendaraan secara keras. Dampaknya, akan ada water spot atau jamur semacam flek putih pada eksterior kendaraan,” kata Ario Hadi, Operation Manager Autospa Bekasi, Kamis (26/9/2019).

Terlebih jika kendaraan tidak dilapisi paint protector. Maka perubahan akan langsung terasa, motor atau mobil jadi lebih kusam. Maka, jika terkena paparan water canon harus segera dicuci. Begitupun jika mobil atau motor terkena gas air mata.

“Jika tidak langsung dibersihkan, bisa merusak clear coat. Apalagi kalau kendaraan tadi terpapar debu dan kotoran setelah terkena gas tersebut,” ujarnya.

Maka, lanjut Ario, cuci lah secara menyeluruh dan bersih, lalu segera keringkan. Jangan lupa juga gunakan alat pembersih khusus (water spot remover) yang berbahan lilin untuk hilangkan flek membandel.

Hindari pengelapan secara langsung pada kendaraan sebelum dibilas oleh air bersih. Sebab, prilaku tersebut bisa membuat jamur melebar dan mengundang baret halus di bidang eksterior.